MUARA ENIM– PT Bukit Asam Tbk (PTBA) meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Desa Muara Lawai, Muara Enim, Sumatera Selatan pada Sabtu (2/2) bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-43 PTBA.

Pada kesempatan ini, Direktur Sumber Daya Manusia PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Suherman menegaskan, PTBA merupakan perusahaan energi yang berperan aktif dalam meningkatkan pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT). Salah satunya melalui pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk irigasi yang meningkatkan produktivitas pertanian.

“PTBA menjadi pelopor dalam mendukung pertanian berkelanjutan menggunakan PLTS. Ini adalah PLTS ke-7 yang sudah dibangun oleh PTBA untuk para petani di wilayah operasional sekitar perusahaan. Sebelumnya, sudah ada satu PLTS di Kabupaten Lahat, dua di Kabupaten Lampung, satu di Kabupaten Sawahlunto, dan inilah yang ketiga di Kabupaten Muara Enim,” Kata Suherman.

BACA JUGA  Salurkan Bakat Pembalap Lokal, Herman Deru Buka Kejuaran Grasstrack di Muara Enim

Dibangun sejak bulan September 2023 dan selesai pada Januari 2024, PLTS Muara Lawai memiliki kapasitas daya 57,5 kWp untuk mengairi 119 hektare sawah dan mengakomodasi kebutuhan air untuk 268 petani dalam bercocok tanam. Proses irigasi dimulai dari dari 2 mesin pompa air 22 KW, kemudian disalurkan melalui pipa sepanjang 1,2 km dengan debit pengaliran 241 m3/jam.

“Inilah prinsip berkelanjutan, dimana nantinya kelompok petani Leca Paye di Muara Lawai tidak akan kesulitan lagi untuk mendapatkan air saat musim kemarau. Dengan adanya PLTS, kita cukup mengandalkan sinar matahari. Kami juga berharap PLTS yang sudah maupun yang akan kami bangun mampu mencakup lebih banyak area persawahan lainnya,” tambah Suherman.

BACA JUGA  Seluruh Desa di Kecamatan Empat Petulai Dangku Terendam Banjir, Desa Pangkalan Babat Terancam Terisolir

Mengamalkan prinsip gotong royong, lahan yang digunakan untuk PLTS Muara Lawai merupakan lahan hibah atau hadiah dari warga desa dan untuk warga desa agar bisa dirasakan manfaatnya secara bersama-sama. Oleh karena itu, masyarakat desa berperan penting untuk menggunakan dan memfungsikan PLTS dengan sebaik mungkin, sebagaimana yang diamanatkan oleh PJ Bupati Muara Enim, H. Ahmad Rizali.

“PLTS ini merupakan program CSR yang luar biasa. Selamat kepada Desa Muara Lawai, sudah menjadi penerima program bantuan ini. Dan kepada Pak Kades maupun masyarakat Desa Muara Lawai, PLTS ini merupakan aset penting yang harus kita jaga,” ujar Ahmad Rizali.

Masih dalam suasana HUT ke-43 PTBA, Kepala Desa Muara Lawai Edi Wanseri mewakili masyarakat desa, mengungkapkan rasa terima kasih atas hadiah dari PTBA yang sedang berulang tahun.

BACA JUGA  Lantik Pejabat Administrator, Pengawas dan Fungsional, Pj Bupati HNU Berpesan Kepada Pejabat Yang Dilantik Dapat Mengemban Amanah

“Petani sawah kita memang memerlukan sekali aliran irigasi. Dan pada ulang tahun PTBA ini, justru kami yang mendapat hadiah dan menerima manfaat. Untuk itu, kami senantiasa doakan agar PTBA sukses selalu,” ucap Edi Wanseri

Artikulli paraprakCiptakan Ketertiban Frekuensi, Diskominfo Prabumulih Mengelar Sosialisasi Penggunaan Frekuensi Radio
Artikulli tjetërMomen HUT ke-43, PTBA Didorong Terus Bertransformasi Untuk Menjadi Perusahaan Energi Kelas Dunia Yang Peduli Lingkungan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini