PALI–  Gedung Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dijadwalkan diresmikan langsung oleh kepala Kejaksaan Agung (Kejagung) Republik Indonesia (RI)  Prof ST Burhannudin pada Selasa (7/5/2024)

Pembangunan gedung yang dinyatakan rampung itu tampak begitu megah dan mencolok diantara bangunan sekitarnya di sepanjang jalan Merdeka Pendopo, bahkan ibu kota PALI sendiri

Dijelaskan Kepala Kejari PALI, Agung Arifianto SH MH, Jaksa Agung dijadwalkan akan datang ke PALI dengan didampingi oleh Kepala Kejati Sumsel, Dr. Yulianto, SH MH, Asisten Khusus, Asisten Umum, Karopeg Kejaksaan dan Kabag Prokapim. Tak hanya meresmikan Kejari PALI, orang nomor satu di Korp Adhyaksa itu juga akan meresmikan Kejari Muara Enim.

“Berdasarkan jadwal, Jaksa Agung tiba di kabupaten PALI pukul 10.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan acara peresmian Kantor Kejari PALI yang baru. Selain itu, di waktu yang bersamaan, juga akan diresmikan Kantor Kejari Muara Enim,” ujar Agung, Senin (6/5/2024).

BACA JUGA  158 Warga Sungai Baung Penerima Manfaat Terima BLT Dari ADD

Dituturkan Agung, proses pembangunan kantor mereka itu telah memakan waktu sekira 6 tahun. Dimana proses hibah lahan telah dimulai sejak 2018 lalu. Tetapi kegiatan pembangunan sempat terkendala karena pandemic Covid 19 di tahun 2020 dan 2021.

“Pada tahun 2020 dilakukan pembangunan tahap pertama. Namun pembangunan tahun itu dan tahun 2021 tidak maksimal karena terjadinya wabah pandemi covid-19. Yang menyebabkan anggaran Pemkab PALI dilakukan refocusing. Pembangunan pun jadi tertunda,” jelas Agung.

Pasca pandemic virus corona, kegiatan pembangunan kembali berlanjut hingga dinyatakan selesai pada 2024 ini. “Kantor Kejari PALI sudah selesai dan rampung. InsyaAllah besok diresmikan oleh Jaksa Agung,” imbuhnya.

Dari pengamatan media ini secara sepintas, bangunan gedung kantor itu memang nampak ekslusif dan mewah. Tak hanya akan dilengkapi dengan beragam fasilitas pendukung, bahkan juga terdapat kolam ikan di bagian belakang,  ruang-ruang kerja lain dirancang juga secara terpisah, eksteriornya pun terlihat keren dan mewah yang dilengkapi dengan area parkir yang luas, serta taman di bagian muka.

BACA JUGA  PPDI Kabupaten PALI Periode 2023-2028 Resmi Dikukuhkan Bupati Heri Amalindo

Seluruh pendanaan pembangunan gedung Kantor Kejari PALI menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten PALI, sebesar Rp.43 Miliar. Oleh karena itu, Agung menyatakan rasa terima kasihnya atas bantuan dari Pemkab PALI itu, terutama pada Bupati PALI Heri Amalindo.

“Semua berasal dari APBD kabupaten PALI. Oleh karena itu, kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemkab PALI, kepada Bupati PALI Pak Heri Amalindo, yang sudah membantu membangun gedung yang mewah. Tentu, hal ini akan meningkatkan sinergitas antara Pemkab PALI dan Kejaksaan, serta berperan aktif dalam pencegahan korupsi,” terang Agung.

Menanggapi rampungnya gedung Kantor Kejari PALI, masyarakat PALI turut senang dan berharap Kejari PALI akan termotivasi untuk meningkatkan kinerja lebih baik lagi. Terutama dalam menemukan rasa keadilan di tengah masyarakat PALI.

BACA JUGA  Berhasil Selamatkan 2 Sepeda Motor dan 1 TV, Rumah Yami Ludes Terbakar

“Sebagaimana diketahui, Kejaksaan adalah perwakilan negara dalam penegakan hukum. Maka kita sebagai masyarakat berharap hukum akan ditegakkan seadil-adilnya dengan mempertimbangkan hati nurani kemanusiaan,” ujar Rully, Ketua Forum Masyarakat Bumi Serepat Serasan (Formas Busser), Selasa pagi (7/5/2024).

Selain itu, ia juga berharap Pemerintah Kabupaten PALI dapat memprioritaskan untuk mulai menggenjot pembangunan perkantoran Pemkab itu sendiri, sehingga ke depan tidak lagi OPD sering berpindah-pindah dengan mengontrak bangunan warga.

“Jangan sampai ditertawakan warganya sendiri, karena ibaratnya kita belum punya rumah justru membuatkan rumah orang lain. Namun begitu kita tetap optimis PALI akan kian maju ke depan,” pungkasnya.(jeksi)

Artikulli paraprak345 Putra-Putri Daerah Raih Mimpi Berkat Beasiswa dari Bukit Asam
Artikulli tjetërKepala Kejagung RI Prof Sanitiar Burhanuddin Resmikan Kantor Baru Kejari PALI dan Muara Enim

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini