Palembang. Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni memberi motivasi kepada ratusan pelajar peserta Pesantren Ramadhan 1445 Hijriah. Hal ini diungkapkan saat membuka kegiatan tersebut di Sekolah Menengah Atas (SMA) 5 Palembang, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (5/4/2024).

“Pelajar harus mengikuti pendidikan belajar dan mengajar di sekolah, tetapi juga terus menambah ilmu dan pengetahuan untuk menjadi orang yang unggul,” ucap Fatoni.

Dia berpesan kepada para pelajar agar menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang unggul, berkualitas dan berintegritas di masa mendatang. Setidaknya terdapat empat macam manusia unggul, yakni orang yang pintar dengan memiliki ilmu pengetahuan yang cukup atau orang yang mampu menyerap ilmu dan pengetahuan dengan sebanyak-banyaknya.

BACA JUGA  Pj. Ketua TP PKK Nurmala Sari, Jabat Direktur Area ICSB Kabupaten Muara Enim

“Anak-anakku semua jadilah orang yang pintar, orang yang memiliki ilmu pengetahuan yang banyak. Karena akan kelihatan, mana kalau bicara itu ilmunya ada, sama ilmunya kosong,” kata Fatoni.

Kemudian, lanjut dia adalah terkait kecerdasan dalam mengelola kepintaran, inovatif dalam menemukan nilai dan kreatif dengan membuat peluang yang baru dengan cara berbeda.

“Jadi saya minta ibu-ibu guru juga adik-adik, anak-anak kita ini harus kita bentuk akhlaknya yang baik, kita bentuk karakternya yang baik, dan kita bentuk mentalnya yang baik,” ucap Fatoni.

Guna menjadi manusia unggul, Fatoni meminta para pelajar untuk mengenal diri sendiri baik itu mengetahui kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Selain itu, untuk menjadi manusia hebat maka seseorang perlu mengumpulkan kebaikan orang lain sehingga bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

BACA JUGA  Herman Deru Apresiasi Warga Desa Betung Barat, Bangun Gedung Olahraga Secara Swadaya

“Yang menyadari bahwa sifat bukanlah kutukan, jadikan pengalaman sebagai guru, dan yang lebih penting harus mempunyai konsep sebagai seorang pribadi, ambil semua kebaikan yang ada di orang lain, kita ambil semua, maka kita akan menjadi orang yang lebih baik dari orang-orang. Misalnya kepala sekolah ini punya kelebihan apa ibu guru punya kelebihan apa, dan orang tua kita punya kelebihan apa,” jelasnya.

Fatoni mengajak para pelajar untuk selalu ikhlas dalam menjalani kehidupan. Sebab menurutnya, keikhlasan merupakan kunci kebahagiaan.

“Setiap kondisi yang terjadi dalam hidup hendaknya dilalui dengan rasa ikhlas dan syukur. Apapun kondisinya, kita tetap harus ikhlas, sabar dan bersyukur. Kegiatan seperti ini harus terus kita lakukan, karena kita harus meningkatan kapasitas, kita harus terus meningkatkan ilmu pengetahuan, menambah pengalaman dan wawasan. Saya  memberikan apresiasi terselenggaranya kegiatan ini,” tandasnya.

BACA JUGA  Program Keberlanjutan Bukit Asam Raih Apresiasi di BCOMMS 2024

Hadir pula dalam kesempatan yang sama Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Sumatera Selatan Edward Chandra, Kepala Sekolah SMAN 5 Palembang Taufik, Ketua Komite SMAN 5 Agus Budianto dan Penceramah Ustad Kemas Muhammad Ali.

Artikulli paraprakPererat Sinergitas, Pertamina Pendopo Field Buka Bersama Dengan Pewarta PALI
Artikulli tjetërKapolres AKBP Imam Safii Turun Langsung Bantu Urai Kemacetan di Jalinsum Muba

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini